Kurikulum


A. Kurikulum

         1.        Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang ditetapkan oleh  Departemen   Pendidikan   dan Kebudayaan   pada Tahun Berjalan.

           2.        Kurikulum, terdiri atas :
                        a.      Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia.
                        b.      Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian.
                        c.      Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi.
                        d.      Kelompok Mata Pelajaran Estetika
                        e.      Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.

          3.        Kurikulum Lokal tambahan , yaitu :
                        a.      Tilawah Al-Qur’an,
                        b.      Bimbingan Baca Al-Qur’an ( BBQ )
                        c.      Hafalan  Surah Pendek
                        d.      Al-Qur’an dan Hadist
                        e.      Sejarah Kebudayaan Islam
                        f.       Fiqih
                        g.      Bahasa Arab
                        h.      Praktek Ibadah.

         4.        Kurikulum menekankan pentingnya kemampuan dan kegemaran membaca dan menulis, kecakapan berhitung, pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kemampuan berkomunikasi dan akhlak mulia yang dilandasi iman dan taqwa.

      5.       Kedalaman muatan kurikulum pada satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi pada setiap tingkat dan atau semester sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kompetensi tersebut terdiri atas : Standar  Kompetensi ( SK ) dan Kompetensi Dasar ( KD ). Adapun yang dimaksud dengan kompetensi adalah : seperangkat pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang harus dimiliki , dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan.


B. Struktur Kurikulum

         1.   Setiap kelompok mata pelajaran dilaksanakan secara menyeluruh ( holistik ) sehingga pembelajaran masing-masing kelompok mata pelajaran mempengaruhi pemahaman dan atau penghayatan Peserta Didik.

         2.   Semua kelompok mata pelajaran pada I.1.2 di atas sama pentingnya dalam menentukan kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan.

           3.        Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak  mulia dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan tekhnologi,  estetika,  jasmani, olah raga dan kesehatan.

         4.        Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, budi pekerti, bahasa, seni dan budaya dan pendidikan jasmani.

           5.        Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ketrampilan dan muatan lokal yang relevan.

          6.        Kelompok mata pelajaran estetika dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, ketrampilan dan muatan lokal yang relevan.

           7.        Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga , pendidikan  kesehatan, ilmu pengetahuan alam dan muatan lokal yang relevan.


C. Beban Belajar

         1.        Beban belajar  menggunakan jam  pembelajaran setiap minggu setiap semester dengan sistem tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur , sesuai kebutuhan masing-masing.

         2.       Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.         



D.  Kalender Pendidikan.

         1.       Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan belajar mengajar selama 1 ( satu ) tahun pelajaran.

           2.       Kalender pendidikan berisi tentang:
                        a.         Permulaan dan akhir tahun pelajaran.
                        b.         Jadwal penerimaan peserta didik baru.
                       c.         Kegiatan pelaksanaan pendidikan (hari belajar efektif), kegiatan penilaian pendidikan, kegiatan peringatan hari-hari besar Islam dan   Hari  Besar Nasional   ,  kegiatan   pendukung lainnya  ( pesantren  ramadhan, study tour, Try Out, IHT, dan lain- lain ) .
                        d.         Hari Libur

         3.       Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM )  pada saat pelaksanaan Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester dan Ulangan Kenaikan Kelas berlangsung sampai jam pelaksanaan ulangan tersebut selesai.

           4.        KBM Kelas I – V , pada saat pelaksanaan Ujian Akhir  Sekolah   ( UAS ) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ( UASBN ) , ditiadakan. Peserta Didik kelas I – V , belajar di rumah. Sedangkan pada saat pelaksanaan Ujian Praktek Kelas VI,  KBM berlangsung sebagaimana biasanya.

        5.        KBM pada saat peringatan Hari Besar Islam dan Hari Besar Nasional dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan acara dimaksud.

            6.        KBM pada Hari Belajar Efektif dapat ditiadakan apabila ada kepentingan dinas yang tidak dapat ditunda ( seperti : kepentingan dinas yang mengikut sertakan seluruh Tenaga Pendidik ) atau apabila ada keadaan darurat/memaksa ( seperti :  bencana alam, dll ) .

E. Evaluasi KBM

         1.       Diselenggarakan secara berkesinambungan dari waktu ke waktu atas hal yang terkait dengan aspek-aspek obyektifitas, komprehensif dan validitas, yang diarahkan untuk mengetahui kemajuan belajar Peserta Didik  dan juga untuk memperoleh umpan balik atau masukan bagi pemeliharaan, perbaikan dan penyempurnaan  KBM.

         2.       Evaluasi dilakukan dalam bentuk:
                     a.            Ulangan Harian :
                                    a1.       Ulangan Harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Pendidik secara periodik untuk menilai / mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu KD atau lebih
                                    a2.       Dapat berbentuk : tertulis, lisan, praktek/perbuatan, tugas , produk dan lain-lain.
                                    a3.       Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam 1        ( satu ) semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi .

                     b.            Ulangan Tengah Semester
                                    b1.       Ulangan Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi Peserta Didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.
                                    b2.       Bentuk Ulangan Tengah Semester selain tertulis dapat juga lisan, praktek/perbuatan, tugas , produk dan lain-lain.

                     c.            Ulangan Akhir Semester Ganjil
                                    c1.       Ulangan Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi Peserta Didik di Akhir Semester Ganjil .
                                    c2.       Bentuk Ulangan Akhir Semester Ganjil selain tertulis dapat juga secara lisan, praktek/perbuatan, tugas , produk dan lain-lain.
     
d.                 Ulangan Kenaikan Kelas ( Ulangan Akhir Semester Genap )
               d1.       Ulangan Kenaikan Kelas adalah kegiatan yang dilakukan   oleh Pendidik di Akhir Semester        Genap  untuk mengukur pencapaian kompetensi Peserta Didik di Akhir Semester Genap
               d2.       Bentuk Ulangan Kenaikan Kelas selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas , produk dan lain-lain.
               d3.       Ulangan Kenaikan Kelas untuk Peserta Didik Kelas VI, berupa Ulangan Akhir Semester Genap , dilakukan oleh Pendidik di Akhir Semester Genap  untuk mengukur Pencapaian  Kompetensi  Peserta Didik di Akhir Semester Genap
                           ( Catatan : Dilaksanakan sebelum Ujian Akhir Sekolah )

                     e.            Ujian Akhir Sekolah
                                    e1.       Ujian Akhir Sekolah adalah kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan di Akhir Semester Genap  untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas VI dalam mata Pelajaran kelas  : 4, 5 dan 6           
                                    e2.       Bentuk Ujian Akhir Sekolah adalah : Tertulis dan Praktek

                     f.             Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ( UASBN )
                                    Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional adalah kegiatan yang dilakukan Pemerintah pada akhir Semester Genap  untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas VI secara  nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar